01 April 2020 10:48:50
Ditulis oleh admin

GUGUS TUGAS PENCEGAHAN DAN PENANGANAN CORONA VIRUS DISEASE 2019 (COVID - 19) DESA KAPU MELAKUKAN SOS

www.kapu-merakurak.desa.id  Kapu, 31 Maret 2020 Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) Desa Kapu melakukan sosialisasi serta edukasi kepada warga masyarakat terkait pencegahan dan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19). Acara sosialisasi tersebut dipandu oleh Dwi Purwati selaku Bidan Desa, Kasdono selaku Pendamping TKSK, serta segenap Perangkat Desa Kapu menggunakan mobil siaga desa. Sosialisasi dengan cara penyampaian informasi keliling ini adalah upaya yang paling efektif mengingat himbauan dari Pemerintah yang membatasi untuk perkumpulan massa.

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan yang pertama adalah cara penularan, bahwa Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) tidak menular melalui udara melainkan melalui droplet atau percikan bersin dari orang yang positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19). Kedua adalah masa aktif dari Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) yaitu dapat bertahan hingga beberapa jam di permukaan benda, tergantung pada jenis permukaan, suhu, dan kelembaban lingkungan. Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) dapat dilumpuhkan dengan disinfektan sederhana, oleh karena itu biasakan mencuci tangan dengan sabun atau gunakanlah hand sanitizer. Ketiga adalah gejala dari Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) yaitu ringan : hidung tersumbat; nyeri tenggorokan; batuk dan demam (38oC). Berat : pneumonia (infeksi yang terjadi pada kantong-kantong udara dalam paru-paru); sulit bernafas; menyebabakan kematian, serta kelompok yang rentan sakit berat bila terkena COVID-19 adalah usia tua dan orang dengan penyakit komorbid (demam berdarah, penyakit jantung). Keempat adalah pencegahan terhadap Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) yaitu rajin mencuci tangan; gaya hidup sehat (makan, tidur, olahraga) untuk imunitas tubuh; jaga jarak aman (1 meter) dengan orang yang batuk/bersin; hindari bepergian ke daerah terjangkit atau bila sedang sakit; etika batuk dan bersin; hindari meludah di tempat umum; bila ada gejala, segera berobat dan gunakan masker bila sedang sakit.

Kepala Dusun Bororejo, Mujiono yang mewakili Kepala Desa Kapu menyampaikan langkah kongkrit dari Pemerintah Desa Kapu dalam menanggulangi bencana Covid - 19 adalah dengan melakukan sosialisasi-sosialisasi kepada masyarakat, melakukan penyemprotan di fasilitas-fasilitas umum, menganggarkan bantuan disinfektan kepada seluruh RT yang ada agar penyemprotan dapat menjangkau semua rumah penduduk.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi pencegahan dan penanganan penularan virus corona diharapkan dapat mengurangi dan mencegah semakin meluasnya penyebaran virus Corona di Indonesia wabil khusus di Bumi Kapu tercinta. (as/ma)//



image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus